BMKG: Fenomena Suhu Dingin di Indonesia Bukan Disebabkan oleh Aphelion



AmbonBisnis.com, Jakarta - Selama beberapa hari terakhir, sejumlah daerah di Indonesia mengalami suhu udara yang cukup dingin. Pesan broadcast yang muncul di media sosial menyebut fenomena tersebut disebabkan oleh Aphelion, yaitu kondisi saat Bumi dan Matahari berada dalam jarak terjauhnya.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa fenomena suhu dingin ini bukan karena Aphelion. Menurut BMKG, kondisi tersebut tidak memiliki pengaruh banyak pada atmosfer atau cuaca di permukaan Bumi.

"Sementara itu, kondisi cuaca dingin yang terjadi di wilayah Indonesia pada periode bulan Juli tidak terkait dengan fenomena Aphelion. Saat Aphelion, posisi Matahari memang berada pada titik jarak terjauh dari Bumi. Kendati begitu, kondisi tersebut tidak berpengaruh banyak pada fenomena atmosfer atau cuaca di permukaan Bumi," jelas BMKG, dikutip dari laman resminya, Senin (22/7/2024).

BMKG menjelaskan bahwa fenomena suhu dingin terjadi secara alamiah pada bulan puncak musim kemarau, yakni pada bulan Juli hingga September mendatang.

"Fenomena suhu udara dingin sebetulnya merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau (Juli - September)," kata lembaga tersebut.

Periode ini ditandai dengan adanya pergerakan angin dari timur ke tenggara dari Australia. Di saat bersamaan, Benua Australia tengah dalam periode musim dingin, sehingga pola tekanan udara juga relatif tinggi.

Pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia melewati Samudra Hindia yang memiliki suhu permukaan relatif dingin. Inilah yang membuat suhu di beberapa wilayah, khususnya di bagian selatan khatulistiwa, terasa lebih dingin.

"Selain dampak angin dari Australia, berkurangnya awan dan hujan di Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara turut berpengaruh pada suhu yang dingin di malam hari. Sebab, tidak adanya uap air menyebabkan energi radiasi yang dilepaskan oleh Bumi pada malam hari tidak tersimpan di atmosfer," kata BMKG.

"Tak hanya itu, langit yang cenderung bersih awannya [clear sky] akan menyebabkan panas radiasi balik gelombang panjang ini langsung dilepas ke atmosfer luar sehingga kemudian membuat udara dekat permukaan terasa lebih dingin terutama pada malam hingga pagi hari. Hal ini yang kemudian membuat udara terasa lebih dingin terutama pada malam hari," ujar lembaga tersebut menambahkan.

Dengan demikian, BMKG menegaskan bahwa suhu dingin yang terjadi di Indonesia saat ini adalah fenomena yang wajar terjadi selama puncak musim kemarau dan bukan disebabkan oleh fenomena Aphelion. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel