Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie Sambut Kedatangan 146 Jemaah Haji di Bandara Pattimura Ambon



AmbonBisnis.com, AMBON – Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, dengan penuh suka cita menyambut kedatangan 146 jemaah dan petugas haji Provinsi Maluku di Bandara Pattimura Ambon pada Sabtu (13/7/2024) sekitar pukul 11.50 WIT. Rombongan pertama ini tiba dengan menggunakan maskapai Lion Air Flight Ketiga dengan nomor penerbangan JT-3782.

Dalam acara penyambutan tersebut, turut hadir Plh Sekda Maluku, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku, Penjabat Walikota Ambon, serta berbagai stakeholder lainnya.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, saya mengucapkan selamat datang,” ujar Sadali Ie.

Sadali juga menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara haji, khususnya Kanwil Kementerian Agama Maluku, yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sehingga jemaah haji dapat tiba dengan selamat. Ia menegaskan bahwa sebagai Bandara Embarkasi Antara, Maluku telah berhasil melaksanakan haji dengan baik, dan para jemaah kembali dengan kondisi sehat.

Harapan Menjadi Embarkasi Utama

Lebih lanjut, Sadali berharap ke depan Pemerintah Pusat dapat meningkatkan status Embarkasi Antara di Maluku menjadi Embarkasi Utama, sehingga jemaah haji tidak perlu lagi transit di Makassar. Ia menekankan pentingnya peningkatan sarana dan prasarana penunjang untuk mencapai tujuan tersebut.

“Kita akan berembuk dan berkoordinasi bersama dengan para stakeholder dan 11 kabupaten/kota sehingga Maluku bisa memenuhi persyaratan dan kewenangan dari Pemerintah Pusat untuk menjadi embarkasi utama,” ungkapnya.

Sadali juga berharap seluruh jemaah haji dapat kembali ke tempat tinggal masing-masing dalam keadaan selamat, bertemu dengan keluarga, dan Insya Allah menjadi haji yang mabrur serta menjadi panutan di lingkungan mereka. 

“Dengan kehadiran mereka, diharapkan dapat meningkatkan keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji yang merupakan rukun Islam yang kelima,” tutupnya. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel