Spanyol Lolos ke Final UEFA Euro 2024 Usai Kalahkan Prancis 2-1



AmbonBisnis.com, - Spanyol berhasil melaju ke final UEFA Euro 2024 setelah menaklukkan Prancis dengan skor 2-1 dalam laga semifinal yang berlangsung di Allianz Arena, Munich, Jerman, pada Rabu (10/7/2024). Kemenangan ini memastikan La Roja akan bertanding di partai puncak.

Gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Lamine Yamal pada menit ke-21 dan Dani Olmo pada menit ke-25. Sementara gol Prancis dicetak oleh Randal Kolo Muani pada menit ke-8.

Kemenangan ini membuka peluang bagi Spanyol untuk meraih gelar keempat mereka di ajang UEFA Euro, setelah sebelumnya menjadi juara pada edisi 1964, 2008, dan 2012.

Di final yang akan digelar di Berlin pada Minggu (14/7/2024), Spanyol akan menghadapi pemenang antara Belanda dan Inggris yang bertanding di Signal Iduna Park pada Kamis (11/7/2024).

Laga semifinal antara Spanyol dan Prancis berlangsung sangat menarik. Prancis unggul lebih dulu pada menit kesembilan melalui sundulan Randal Kolo Muani yang menerima umpan silang dari Kylian Mbappe.

Spanyol tidak panik dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-21. Lamine Yamal mencetak gol spektakuler melalui tendangan dari luar kotak penalti yang tidak mampu diantisipasi oleh kiper Prancis, Mike Maignan.

Empat menit berselang, Spanyol berbalik unggul melalui gol Dani Olmo. Tendangan mendatar Olmo gagal diantisipasi dengan sempurna oleh Jules Kounde, sehingga bola bersarang ke gawang sendiri. Awalnya, UEFA mencatat gol tersebut sebagai gol bunuh diri Kounde, namun kemudian memberikan gol tersebut kepada Olmo. Skor 2-1 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Prancis mendominasi permainan, namun mereka selalu bermasalah dengan penyelesaian akhir meski mendapat banyak peluang. Pada menit ke-52 dan 57, sundulan Aurelien Tchouameni dan tendangan mendatar Mbappe berhasil ditangkap oleh kiper Unai Simon.

Prancis mendapat peluang emas pada menit ke-76, namun tendangan Theo Hernandez dari dalam kotak penalti hanya melambung. Tekanan Prancis terus berlanjut di sepuluh menit akhir waktu normal, dan peluang terbaik mereka terjadi pada menit ke-86 melalui serangan balik Mbappe. Namun, tendangan Mbappe masih melambung meski dalam posisi bebas.

Hingga akhir pertandingan, Prancis gagal mencetak gol penyeimbang, dan skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol bertahan hingga laga usai. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel