Agus Ririmasse-Novan Liem Resmi Mendaftar di KPU Kota Ambon



AmbonBisnis.com, AMBON - Agus Ririmasse dan Novan Liem resmi mendaftar sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon di Kantor KPU Kota Ambon, yang berlokasi di Negeri Passo, pada Kamis (29/8/2024). Sebelum mendaftarkan diri, Agus Ririmasse menjalani serangkaian ritual spiritual dan adat untuk memohon restu kepada Tuhan dan leluhur.

Dimulai dari kediaman pribadinya di Dusun Toisapu, Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Ririmasse kemudian menuju rumah tua keluarga Sameaputty di Hutumuri. Rumah tua ini memiliki nilai sejarah bagi Ririmasse karena menjadi tempat "potong pusa" serta tempat ia menghabiskan masa kecilnya. Di rumah ini, Ririmasse bersama keluarganya berdoa untuk memohon keberkahan dalam proses pencalonannya.

Ribuan pendukung turut mengiringi Ririmasse dalam perjalanan spiritual ini dengan menggunakan puluhan mobil dan sepeda motor. Mereka kemudian melanjutkan prosesi menuju Rumah Adat Hutumuri, 'Baileo Suluamin', di mana Tuan Tanah Hutumuri menerima Agus dengan hangat.

Perjalanan dilanjutkan melewati delapan Negeri Adat di Kecamatan Leitimur Selatan. Di Negeri Soya, rombongan disambut oleh warga setempat, termasuk mantan Raja Negeri Soya, Ridho Rehatta, dan Raja Negeri Soya saat ini, Hervie Rehatta. Di rumah Raja Soya, pasangan Agus Ririmasse dan Muhammad Novan Liem (AMAN) didoakan agar sukses dalam pencalonan mereka.

Rombongan juga berhenti di Negeri Batu Merah, tempat kelahiran dan basis riil Novan Liem. Di sana, pasangan AMAN disambut dengan penuh haru oleh masyarakat setempat, yang bangga karena untuk pertama kalinya ada putra asli Batu Merah yang mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Ambon.

Arak-arakan ini berakhir di Kantor KPU Kota Ambon. Setelah melalui pemeriksaan, KPU dan Bawaslu Kota Ambon menyatakan bahwa berkas pencalonan Agus Ririmasse dan Novan Liem lengkap dan memenuhi syarat untuk maju dalam Pilkada 2024. Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud, menegaskan bahwa dokumen yang diserahkan pasangan ini telah sesuai dengan persyaratan dan dinyatakan lengkap. (AB001)