Kota Ambon Capai Kinerja Tinggi dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik



AmbonBisnis.com, AMBON - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merilis hasil evaluasi Pengelolaan Pengaduan oleh Pemerintah Daerah melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N – LAPOR!) untuk periode 1 Januari hingga 31 Desember 2023. Berdasarkan Surat Edaran Mendagri nomor 100.4.4/3368/SJ tertanggal 22 Juli 2024, Pemerintah Kota Ambon berhasil mencapai presentasi penyelesaian pengaduan sebesar 98,2 persen, dengan rata-rata laju tindak lanjut per hari mencapai 4,8 dan kualitas tindak lanjut dinilai ‘Sangat Baik’.

Plt. Kadis Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Ronald H. Lekransy, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian tersebut, Kamis (1/8/2024) di Balai Kota. Meskipun pencapaian Kota Ambon belum mencapai angka 100 persen, Lekransy menegaskan bahwa kualitas penanganannya merupakan yang terbaik di Provinsi Maluku. 

Secara nasional, laporan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik di tahun 2023 banyak terkait dengan topik Infrastruktur Jalan, Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pencemaran Lingkungan. Jumlah total laporan pengaduan masyarakat pada pemerintah daerah tahun 2023 mencapai 49.966 laporan, dengan 46.131 laporan (92,32%) telah selesai.

Untuk Kota Ambon, dari total 109 pengaduan yang masuk selama tahun 2023, sebanyak 107 telah ditindaklanjuti, sementara satu pengaduan masih dalam proses dan satu pengaduan belum ditangani. Lekransy berharap evaluasi ini akan terus memotivasi Pemkot Ambon untuk lebih responsif dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat dengan mengedepankan asas penyelesaian cepat, tepat, dan tuntas. Selain itu, Dinas KominfoSandi aktif menyosialisasikan pemanfaatan kanal SP4N-LAPOR! kepada masyarakat dan ASN, serta menggunakan data laporan untuk penyusunan kebijakan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel