Pemerintah Luncurkan Beras Cadangan Pemerintah Tahap 3 Tahun 2024 di Ambon



AmbonBisnis.com, AMBON - Pemerintah kembali meluncurkan Beras Cadangan Pemerintah (BCP) Tahap 3 untuk tahun 2024 di Gudang Bulog Halong, Kota Ambon, pada Kamis (1/8/2024). Program ini mencakup alokasi beras untuk bulan Agustus, Oktober, dan Desember 2024, dengan setiap penerima bantuan memperoleh 10 kilogram beras per bulan. Di Provinsi Maluku, terdapat total 128.444 penerima bantuan pangan (PBP), sedangkan di Kota Ambon sendiri terdapat 11.430 penerima.

Kepala Perum Bulog Kanwil Maluku-Malut, Mara Kamin Siregar, menyampaikan harapan agar verifikasi data ulang di beberapa kabupaten/kota dapat segera diselesaikan agar penyaluran bantuan bulan Agustus dapat tepat waktu. Siregar juga mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan pangan ini bertujuan untuk membantu mengendalikan inflasi dan mendukung ketersediaan pangan masyarakat.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, M Abdul Azis, menjelaskan bahwa bantuan ini bertujuan mengurangi beban pengeluaran penerima serta menangani kekurangan pangan dan gizi, stunting, dan fluktuasi harga pangan. Sementara itu, Kepala PT. Pos Cabang Ambon, Daniel Situmeang, mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan pangan serentak dijadwalkan berlangsung pada pekan kedua Agustus 2024 dengan menggunakan tiga pola penyaluran: pola komunitas, kantor pos, dan antar langsung ke penerima.

Komitmen pemerintah dalam program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel