Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024 di Maluku



AmbonBisnis.com, AMBON - KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024 pada Selasa, 24 September 2024, di Lapangan Merdeka Ambon. Acara ini dihadiri oleh Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Agoes Soenanto Prasetyo, yang turut membacakan isi deklarasi tersebut.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sadali Ie menegaskan bahwa deklarasi ini merupakan bentuk nyata komitmen untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, jujur, dan demokratis. Ia berharap seluruh partai pendukung pasangan calon serta para simpatisan menjaga ketertiban dan keamanan dalam bingkai persaudaraan. Sadali juga mendorong masyarakat Maluku untuk menggunakan hak pilih mereka pada tanggal 27 November 2024, dengan memilih sesuai hati nurani, sembari mengingatkan pentingnya semangat "hidup orang basudara" yang diusung dalam semboyan daerah, "ale rasa beta rasa, potong di kuku rasa di daging, sagu salempeng di patah dua."

Kajati Maluku, Agoes Soenanto Prasetyo, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga stabilitas keamanan selama masa kampanye. Ia mengingatkan bahwa Pemilu adalah pesta demokrasi yang harus dijalankan dengan kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab. Prasetyo mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusivitas, menjauhi kekerasan, hoaks, serta politik uang.

Deklarasi ini diakhiri dengan penandatanganan komitmen oleh pasangan calon gubernur, partai politik, tim kampanye, pendukung, dan Forkopimda. 

Adapun butir-butir utama deklarasi antara lain:
1. Menyelenggarakan Pemilu yang LUBER dan JURDIL.
2. Melaksanakan kampanye yang aman, damai, tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.
3. Mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel