KPU Maluku Gelar Pengundian Nomor Urut Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur 2024





AmbonBisnis.com - Ambon, 23 September 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku resmi menggelar pengundian nomor urut bagi pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Maluku, M. Shaddek Fuad. Acara tersebut berlangsung di kantor KPU Maluku dan dihadiri oleh ketiga pasangan calon serta pendukung masing-masing.

Pasangan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath (HL-AV) tiba lebih awal pada pukul 13.40 WIT, diikuti oleh pasangan Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas (JAR-AMK) 10 menit kemudian, dan pasangan Murad Ismail-Michael Wattimena (MI-MW) tak lama setelahnya. Ketiga paslon beserta tim kampanye dan pimpinan partai politik pengusung kemudian memasuki aula kantor KPU untuk mengikuti prosesi pengundian.

Pengundian nomor antrean dilakukan terlebih dahulu dengan Abdullah Vanath mendapatkan nomor antrean 14, Abdul Mukti Keliobas nomor 6, dan Michael Wattimena nomor 2. Sesuai urutan, Murad Ismail mendapat kesempatan pertama untuk mengambil nomor urut paslon, diikuti oleh Jeffry Apoly Rahawarin, dan terakhir Hendrik Lewerissa.

Hasil pengundian menetapkan pasangan JAR-AMK dengan nomor urut 1, MI-MW dengan nomor urut 2, dan HL-AV dengan nomor urut 3. Para pendukung yang hadir pun bersorak sorai, meneriakkan yel-yel kemenangan dan mengangkat foto pasangan calon beserta nomor urut yang baru saja diperoleh.

Ketua Divisi Penyelenggaraan Pemilu KPU RI, Idham Holik, turut hadir dan menyampaikan bahwa pengundian nomor urut ini merupakan tahapan akhir dari proses pencalonan, yang wajib dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Pengambilan nomor urut harus dilakukan melalui pengundian sesuai amanat undang-undang, sehingga KPU harus melakukannya secara fair dan profesional,” ujar Idham.

Ketua KPU Maluku, M. Shaddek Fuad, memastikan bahwa proses pengundian berjalan dengan adil dan tidak merugikan pihak manapun. "Kami pastikan seluruh proses berjalan dengan setara dan adil untuk semua pasangan calon," tegasnya. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel