GERNATA Maluku Usulkan Langkah Strategis Perkuat Kekuatan Nelayan dan Tani



AmbonBisnis.com, AMBON – Dalam upaya untuk memperkuat posisi nelayan dan petani di Maluku, Gerakan Nelayan Tani (GERNATA) Maluku usulkan rencana strategis pembangunan kekuatan nelayan dan tani di wilayah tersebut. 

Langkah ini diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat pesisir dan pertanian yang menjadi tulang punggung perekonomian Maluku.

Usai ditemui media ini, Talimuddin Rumaratu selaku Ketua Umum DPP GERNATA Maluku menegaskan pentingnya memperkuat sinergi antara sektor perikanan dan pertanian. 

“Kekuatan ekonomi Maluku terletak pada nelayan dan petani. Sehingga perlu adanya komitmen untuk meningkatkan taraf hidup mereka dengan menghadirkan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat pesisir dan pedesaan,” ujar Rumaratu saat ditemui media ini di Kantor Pusat Gernata, Jl. Galunggung, Ambon (6/10/24). 

Beberapa poin yang ditawarkan Rumaratu antara lain adalah, Pengembangan Infrastruktur Nelayan dan Petani.

Pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan ekonomi nelayan dan petani, seperti dermaga ikan, fasilitas penyimpanan hasil laut dan pertanian, serta distribusi produk yang lebih efisien.

Selain itu ia juga menekankan pada Program pemberdayaan melalui pelatihan keterampilan dan pendidikan bagi nelayan dan petani untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk.

Mendorong kerja sama dengan pihak swasta dan pemerintah untuk membuka akses pasar yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional, sehingga produk pertanian dan hasil laut Maluku dapat lebih mudah dijual dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Mendorong praktik ekonomi yang ramah lingkungan dengan memastikan bahwa aktivitas perikanan dan pertanian tidak merusak lingkungan, serta melibatkan teknologi tepat guna yang meningkatkan efisiensi.

Dan tidak kalah penting kata Rumaratu, pemerintah harus buka akses modal dengan cara bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk menyediakan modal usaha bagi nelayan dan petani dengan skema kredit yang ringan dan tidak memberatkan.

Selaku LSM ungkapnya, GERNATA Maluku akan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, swasta, dan akademisi, untuk memastikan implementasi dari program-program pemerintah dapat berjalan efektif.

Rumaratu menegaskan, GERNATA Maluku adalah gerakan yang berasal dari dan untuk masyarakat, sehingga itu dirinya sangat membutuhkan dukungan dan peran aktif Nelayan dan Insan Tani untuk sama-sama terlibat dalam usaha dan perjuangan GERNATA, baik pada tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa. 

“Ini adalah langkah besar dalam memperkuat ekonomi kerakyatan di Maluku. Kita ingin memastikan bahwa nelayan dan petani tidak hanya sekedar bertahan, tetapi juga mampu berkembang dan sejahtera. GERNATA adalah wujud nyata perjuangan kita bersama,” tutupnya.

Tentang GERNATA Maluku
GERNATA Maluku adalah organisasi yang fokus pada pemberdayaan nelayan dan petani di wilayah Maluku. Organisasi ini bertujuan untuk memperkuat posisi ekonomi dan sosial masyarakat pesisir dan pedesaan melalui berbagai program pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. (AB001)

Baca artikel menarik lainnya dari AMBONBISNIS.COM di GOOGLE NEWS dan WA Channel